Tips Lulus Tes Administrasi Pendaftaran CPNS 2018 Lulusan SMA, D3 - D4, S1

REKRUTMEN 2018

Rabu (19/9/2018) mendatang pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah bisa dilakukan di situ resmi yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN) Republik Indonesia https://sscn.bkn.go.id

Sebelum pendaftaran dibuka, sebaiknya calon pelamar sudah menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Kalau persyaratan dan pendaftaran CPNS 2018 sudah siap, selanjutnya begini trik jitu lolos tes Calon Pegawai Negeri Sipil 2018. Intip tipsnya!

Seperti tahun lalu, Pemerintah mengingatkan calon pelamar, bahwa apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pendaftaran CPNS secara online. Berikut Tips Lulus Tes Administrasi CPNS 2018 berdasarkan pengalaman dari salah seorang peserta CPNS Kemenkumham yang lolos tes dan sudah menjadi PNS saat ini.

Harap diperhatikan, meskipun berkas pendaftarannya nggak sebanyak tahun-tahun sebelumnya jangan sampai lalai sehingga bikin nggak lolos di tahap pertama ini. Kurang satu berkas saja, gugur. Kirim berkas tapi nggak daftar online, gugur. Daftar online nggak kirim berkas, gugur. Salah alamat kirim berkas, gugur. Fotokopiannya nggak jelas, bisa-bisa gugur juga.

1. Baca lembar persyaratan berulang-ulang dengan teliti

Sering banget pertanyaan masuk “pakai SKCK nggak mba?” “Ijazahnya SD-SMA ya?” “Pakai kartu kuning?” “Kirim berkasnya ke kanwil atau ke pusat?” Huft.. ini model yang malas baca persyaratan. Padahal semua sudah tertera di pengumuman. Sederhananya, lampirkan berkas YANG DIMINTA SAJA. Jangan ditambah, atau dikurang.

Mengacu dari pendaftaran CPNS 2017 lalu, ada beberapa berkas persyaratan yang umumnya wajib dipersiapkan oleh calon pelamar.

Sekadar untuk mengantisipasi, berikut dokumen umum yang menjadi syarat-syarat pendaftaran CPNS 2018.

Untuk S1/ tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

1. Materai Rp 6.000

2. Fotokopi KTP

3. Fotokopi ijazah/STTB

4. Fotokopi ijazah SD

5. Fotokopi ijazah SLTP

6. Fotokopi ijazah SLTA.

Persiapan berkas-berkas yang dibuthkan untuk proses pendaftaran CPNS 2018 sangat penting dan perlu diperhatikan. Pasalnya, tahapan tes pertama yang harus dihadapi oleh pendaftar adalah tes administrasi. Jika tes administrasi dinyatakan lolos, baru pendaftar bisa melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya.

2. Daftar Online dulu, baru kirim berkas

Karena bukti kita sudah mendaftar online harus dicetak dan dilampirkan di berkas yang dikirim via pos. So, jangan kebalik ya malah ke kantor pos dulu baru daftar online.

3. Siapkan koneksi internet yang kencang

Ada ratusan ribu orang yang ingin daftar, kalau kamu buka websitenya di pagi atau siang hari dijamin lemot karena servernya down. Coba di hari libur atau tengah malam ya, cari tempat yang koneksi internetnya bagus. Kalau perlu ke warnet juga bisa.

4. Persiapkan bahan yang diminta dalam bentuk fotokopi yang sudah di scan untuk daftar online

Selain memasukkan data, kali ini calon peserta harus upload berkas-berkas yang diminta dalam format pdf dengan ukuran untuk dokumen tidak lebih 300kb untuk pas foto tidak lebih 200kb. Kalau nge-scan biasanya ukurannya gede, diresize online aja banyak kok website online untuk convert pdf. (Kalau nggak tahu caranya harus belajar)

5. Sebelum daftar online baca dulu FAQnya supaya kalau ada kendala kamu sudah tahu solusinya

Sebelum daftar kepoin dulu webnya sampai tuntas https://sscn.bkn.go.id/faq

6. Siapkan Printer Saat Daftar Online

Biasanya nggak ada tombol save bukti pendaftaran jadi langsung cetak aja, atau klik kanan save page as.

7. Check and Re-Check berkali-kali sebelum submit data online, sebelum kirim berkas

Pastikan data yang diinput benar, pastikan berkas yang dikirim sesuai.

8. Minta restu orang tua

Kalau 7 poin di atas sudah dilakukan insyaAllah bisa lulus. Tinggal berdo’a minta restu orang tua agar dimdudahkan. Dulu saya nyantai-nyantai aja tes cpns, bapak saya niat banget. Sampai-sampai beliau tahajud tiap hari doakan saya. Jadi saya yakin ketika saya lulus, bukan semata-mata karena kemampuan saya tapi karena do’a orang tua.

Selamat berjuang, semoga berhasil.

Itulah Tips Yang Bisa Anda Pakai Untuk Menempuh Tes CPNS 2018

INGIN TAHU RESEP RAHASIA YANG DIPAKAI & RATUSAN ORANG MELULUSKAN TES CPNS?

INI Rekomendasi Sangat Lengkap Yang Bisa Kamu Pakai Sebagai Persiapan Belajar Tes CPNS 2018

PAKETCPNS

DILENGKAPI APLIKASI + EBOOK + VIDEO TIPS TRIK CPNS

ANDA BISA CEK MATERI PAKET PANDUAN CPNS KLIK TOMBOL DIBAWAH INI