Daftar Formasi CPNS 2018 Jawa Timur dari Surabaya, Malang, Sidoarjo, Madiun sampai Sidoarjo

Di Jawa Timur, ada 16.276 formasi Pendaftaran CPNS 2018 yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota Jawa Timur, kecuali Kota Kediri.

Kota Kediri belum membuka lowongan CPNS 2018 karena kebutuhan pegawainya masih mencukupi dan tidak banyak yang pensiun.

Untuk diketahui, Pemerintah resmi membuka CPNS 2018 di seluruh Indonesia mulai 19 September 2018. Untuk lebih lengkapnya tentang Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Jawa Timur ( Jatim) berikut SURYA Malang rangkum dari pemberitaan yang ada.

Daftar Formasi CPNS 2018 Jawa Timur

1. Pemprov Jatim

Pemprov Jatim memastikan membuka lowongan CPNS 2018 sebanyak 2.065.

Jumlah formasi yang disetujui pusat itu nyaris persis dengan formasi yang sebelumnya diajukan Pemprov Jatim.

“Kami mengajukan formasi sekitar 2.000 formasi pas sesuai kebutuhan PNS yang hingga tahun ini pensiun,” terang Kepala BKD Jatim Anom Surahno kepada SURYAMALANG.com, 7 September 2018.

Dari formasi yang sudah disetujui itu, hampir separonya adalah untuk kebutuhan guru atau tenaga pendidik. Berikutnya adalah tenaga kesehatan.

Berikut rincian formasi atau lowongan 2.065 CPNS di Pemprov Jatim:

1. Tenaga Pendidikan = 826

2. Tenaga Kesehatan = 797

3. Tenaga Teknis lainnya = 44

2. Surabaya

Di kota yang dipimpin Walikota Risma, Surabaya, ada sekitar 442 Formasi CPNS 2018.

Informasi yang berhasil diterima surya menyebutkan bahwa ratusan lowongan CPNS ini berkurang dari pengajuan yang pernah diajukan Pemkot Surabaya ke Kemenpan.

“Hasil formasi untuk Kota Surabaya memang sudah pasti. Tapi kami perlu laporkan ke Bu Wali (Risma) dulu,” kata Kepala BKD Kota Surabaya Mia Santi Dewi, 7 September 2018.

Saat diajukan dulu BKD Kota Surabaya merinci formasi dengan mayoritas adalah tenaga pendidik dan kependidikan butuh 344 kursi.

Selain guru SD, guru mata pelajaran untuk SMP juga dibutuhkan.

Untuk tenaga teknis akan dicari para lulusan akuntansi, IT, dan tenaga teknis lain.

Sebanyak 120 formasi diajukan ke pusat untuk kebutuhan tenaga teknis ini

Kemudian dibutuhkan 49 tenaga di bidang kesehatan. dokter, bidan, apoteker, serta mayoritas dicari perawat.

3. Lamongan

Lamongan juga membuka kesempatan pendaftaran CPNS 2018 Jatim.

Pemkan Lamongan mendapat 553 formasi CPNS, terbanyak untuk formasi pendidikan, kesehatan dan posisi khusus.

“Dari total formasi yang diturunkan Kemenpan RB untuk Kabupaten Lamongan terbanyak untuk tenaga pendidikan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lamongan, Ismunawan kepada Tribunjatim.com, Minggu (9/9/2018).

Diungkapkan, keputusan Kemenpan RB untuk formasi CPNS Lamongan memang tidak sesuai dengan kebutuhan yang diusulkan Bupati Lamongan, Fadeli.

“Minus 19 dari yang diusulkan,” katanya.

4. Jember

Kabupaten Jember termasuk satu dari 525 kabupaten dan kota di Indonesia yang mendapatkan jatah penerimaan CPNS 2018.

Hanya saja berapa jumlah pasti kuota untuk Jember belum ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Dari 525 kabupaten dan kota di Indonesia baru 82 daerah yang sudah fix kuotanya.”

“Sedangkan kuota untuk Jember masih diurus,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Jember Mirfano kepada Surya, Sabtu (8/9/2018).

Mirfano memastikan Jember mendapatkan kuota rekruitmen CPNS 2018.

“Terus ada dua jenis formasi yakni umum dan khusus.”

“Khusus itu untuk putra putri terbaik yang lulus dengan nilai cumlaude, difabel, dan pegawai K-2 yang tidak lulus tes tahun 2013,” lanjut Mirfano.

Mirfano menambahkan Pemkab Jember mengusulkan kuota untuk 812 lowongan di Jember.

5. Tuban

Pemkab Tuban membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tuban, M Nurhasan mengatakan kabupaten Tuban mendapat jatah 297 untuk lowongan CPNS tahun ini.

“Kalau rinciannya pos di masing-masing bidang yang dibutuhkan belum diketahui, yang jelas kita dapat jatah 297 untuk CPNS 2018,” ujarnya dikonfirmasi Surya, Senin (10/9/2018).

“Kita masih nunggu petunjuk secara teknis, hanya saja yang pasti Tuban mendapat jatah 297 untuk CPNS,” pungkasnya

6. Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi mendapat alokasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 600 orang.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Banyuwangi, Djajat Sudradjat mengatakan, berdasar hasil rapat yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Banyuwangi mendapat kuota CPNS sebanyak 600 orang.

“Tapi ini masih bisa berpotensi bertambah atau berkurang,” kata Djajat, Senin (10/9).

Menurut Djajat posisi yang dibutuhkan mulai tenaga pendidik, tenaga kesehatan, hingga tenaga teknis. Rekrutmen CPNS ini terbuka untuk umum.

“Untuk pelaksanaan tesnya berbasis komputer. Tes rencananya digelar di kantor Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), pertengahan September,” tuturnya.

‎Menurut Djajat, selain seleksi untuk kalangan terbuka, di antara 600 slot CPNS tersebut juga ada tersedia formasi khusus bagi tenaga honorer kategori II atau K II.

Untuk KII, syaratnya berusia maksimal 35 tahun per 1 Agustus 2018. Djajat menuturkan, selain kuota, dalam rapat yang dia ikuti di Kemenpan-RB juga terungkap rencana jadwal seleksi CPNS 2018.

7. Tulungagung

Kabupaten Tulungagung dipastikan mendapatkan 546 kuota penerimaan CPNS tahun 2018.

“Kami ajukan 2500 lebih, yang disetujui pusat hanya 546,” terang Kepala BKD Kabupaten Tulungagung, Arief Boediono, Senin (10/9/2018).

Menurut Arief, kuota yang diterima Kabupaten Tulungagung terbanyak ke-6 di seluruh Jawa Timur.

Ada tiga formasi yang dibuka untuk pemerimaan CPNSkali ini, yaitu guru SD dan SMP, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.

Untuk kuota guru mencapai 60 persen dari total kuota.

Sementara tenaga kesehatan meliputi perawat, dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, nutrisionis dan lain-lain.

Tenaga teknis meliputi auditor, penyuluh hukum, teknik pengairan, pengawas bangunan dan lain-lain.

“Info lebih jelas bisa diakses di sscn.bkn.go.id,” tambah Arief.

8. Situbondo

Jumlah kuota penerimaan CPNS 2018 di Kabupaten Situbondo, mencapai sebanyak 227 orang.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari usulan Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Situbondo, yang mengusulkan sebanyak 200 orang CPNS.

Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Syaifullah mengatakan, untuk rekrutmen CPNS yang diusulkan sebanyak 200 orang, ternyata mendapat kuota sebanyak 227 orang.

Dari kuota sebanyak 227 orang itu, kata Syaifullah, 70 orang untuk formasi pendidikan, 70 orang untuk formasi kesehatan dan tehnis 39 orang serta formasi khusus sebanyak 48 orang.

“Jadi total kuota CPNS di Situbondo sebanyak 227 orang,” ujar Syaifullah kepada Surya di Pemkab Situbondo.

Untuk kuota khusus, kata Syaifullah, itu dikhususkan untuk K2, penyandang disabilitas serta mahasiswa yang memperoleh nilai cum laude.

Sementara itu, lanjut Syafullah, jumlah honorer K2 di Kabupaten Situbondo saat ini jumlahnya mencapai sebanyak 600 orang lebih.

“Mereka tetap ikut tes seleksi, namun kepastian tahapannya masih menunggu setelag BKD rapat di BKN,” jelasnya.

9. Kota Madiun

Pemkot Madiun mendapat jatah dari pemerintah pusat sebanyak 174 CPNS 2018.

Namun, sayangnya belum diketahui formasi apa saja yang dibutuhkan atau yang dicari? Saat ini, masih dalam tahap penyusunan sehingga masyarakat diminta bersabar.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto mengatakan sudah melakukan pemetaan terkait dengan kebutuhan yang dicari.

“Kami mendapat jatah 174 orang. Itu yang menentukan pusat. Saya berharap segera direalisasikan,” kata Sugeng kepada wartawan.

Sugeng menuturkan, jumlah tersebut masih sangat jauh bila dibandingkan kebutuhan pegawai di Pemkot Madiun

Namun, dia mengaku senang terkait dengan adanya rekrutmen CPNS, guna memenuhi kebutuhan pegawai.

10. Gresik

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gresik memastikan bahwa kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Gresik ada 475 orang.

Kepala BKD Kabupaten Gresik Nadlif mengatakan bahwa pendaftaran CPNS 2018 ini akan dibuka mulai 16 September 2018.

Pendaftaran dan tes tulis dilakukan secara online.

“Pendaftaran dimulai 16 September 2018 secara online dan tes tulisnya juga secara online di Surabaya,” kata Nadlif, Senin (10/9/2018).

Kuota CPNS 2018 Kabupaten Gresik sebanyak 475 itu akan disebar untuk mencukupi tenaga pendidikan khususnya bagi guru SD dan SMP Negeri, tenaga teknis di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), Dinas Perizinan dan DPPKAD

Dari formasi CPNS sebanyak itu, BKD Kabupaten Gresik tidak memprioritaskan para guru honorer yang sudah mengabdi selama beberapa tahun.

11. Kota Malang

Pemerintah Kota Malang akan membuka kesempatan pendaftaran bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Setidaknya, kota Malang mendapat jatah total 282 CPNS. Jumlah tersebut terbagi ke dalam beberapa sektor. Sejauh ini sektor pendidikan menjadi yang terbanyak dengan total 230 orang.

Tenaga kesehatan sebanyak 39 orang. Sementara, lainya adalah 6 orang untuk tenaga teknis dan sisanya adalah untuk eks honorer.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto.

Selain itu, kota Malang juga ditunjuk menjadi salah satu lokasi penyelenggara untuk ujian CPNS. Seperti diketahui untuk pemberkasan calon pelamar akan dimulai pada 19 September mendatang.

“Untuk pemberkasan semua melalui jalur online sesuai dengan website yang disebutkan oleh BKN. Nantinya kota Malang akan menjadi salah satu lokasi digelarnya tes CPNS,” ucapnya Kamis (13/9/2018).

12. Blitar

Pemkot Blitar mendapat jatah formasi sebanyak 222 personel dalam perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 ini. Jatah formasi pendaftaran CPNS yang diterima Pemkot Blitar itu lebih sedikit dari yang diusulkan.

“Kami mendapat jatah formasi CPNS tahun ini sejumlah 222 personel. Yang kami usulkan sebanyak 250 personel. Alhamdulillah, meski tidak disetujui semua, tapi jumlahnya sudah mendekati yang kami usulkan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto 12 September 2018.

Suyoto menjelaskan tambahan sebanyak 222 personel itu untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis/infrastruktur. Rinciannya, tenaga pendidikan sebanyak 65 orang, tenaga kesehatan sebanyak 101 orang, dan tenaga teknis/infrastruktur sebanyak 65 orang.

“Setelah ini, kami akan membentuk panitia dan melakukan pengumuman ke masyarakat. Kami juga segera menyusun regulasi untuk persiapan seleksi,” ujar Suyoto.

13. Kabupaten Madiun

Pemerintah Kabupaten Madiun akan membuka pendaftaran CPNS 2018 dengan kuota sekitar 349 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Madiun, Tontro Pahlawanto menyebut, seleksi CPNS menjadi skala prioritas Pemkab Madiun di penghujung tahun 2018.

Program pengadaan CPNS tersebur masuk dalam nota keuangan perubahan APBD 2018.

“Berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, Pemkab Madiun menerima Pagu sekitar 349 CPNS.”

“Meski demikian, hingga saat ini belum ada surat resmi terkait pagu jatah CPNS bagi Pemkab Madiun,” kata Tontro, Kamis (13/9/2018) katanya.

14. Sidoarjo

Pada rekrutmen CPNS tahun ini, Kabupaten Sidoarjo mendapat jatah kuota sebanyak 473 dari pemerintah pusat.

Dengan rincian, 274 untuk tenaga pendidikan, 102 kesehatan, 88 tenaga teknis, dan 9 K2.

Paling banyak memang tenaga pendidik atau guru. Rinciannya guru kelas kelas SD sebanyak 171 formasi, Guru PAI SD 48, guru penjaskes 31 formasi, guru bahasa daerah 3 formasi, BP-BK 5 formasi, guru PAI untuk SMP sebanyak 23 formasi, dan guru penjaskes SMP sebanyak 3 formasi.

Dari semua formasi itu, yang paling urgen untuk kebutuhan Sidoarjo adalah tenaga pendidikan dan kesehatan. Tepatnya untuk guru di sekolah-sekolah dan tenaga medis puskesmas.

Kuota itu terhitung masih jauh dibanding kebutuhan yang diharapkan Sidoarjo. Selama ini, data BKD menyebut kebutuhan PNS-nya ada 3.309 pegawai.

“Tapi kami tetap bersyukur sudah dapat kuota. Karena yang menentukan semua dari pusat,” imbuh Bupati Saiful.

Sebagai catatan, selain 14 daerah ini sejumlah daerah lain di Jawa Timur juga dipastikan akan membuka lowongan CPNS.

Data ini masih SURYA Malang update setiap hari.

Dari informasi yang ada pendaftaran akan dibuka tanggal 19 September 2018 mendatang.

Pendaftaran melalui situs resmi bkn, atau sscn.bkn.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *