Lowongan CPNS Sanggau 2018, Ini Bocoran Kuota dan Formasi yang Dibutuhkan

Lowongan CPNS Sanggau 2018, Ini Bocoran Kuota dan Formasi yang Dibutuhkan

Sekda Sanggau, AL Leysandri membuka asistensi penyusunan formasi pegawai negeri sipil tahun 2018 di lingkungan Pemkab Sanggau di aula kantor Bupati Sanggau, Rabu (17/1/2018).

Kegiatan dihadiri Asisten III Setda Sanggau, H Joni Irwanto, Kabag Organsiasi Abdul Gani, Narasumber dari Pemprov Kalbar.

Selain itu juga dihadiri pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Sanggau dan peserta lainya.

Sekda Sanggau, AL Leysandri menyampaikan, mengingat banyaknya kekurangan PNS, rencananya kuota yang diajukan Pemda Sanggau ke Kemenpan RB, mencapai 2000 orang.

“Karena banyak Kepala OPD kita ini yang tidak memiliki staf. Ada sekitar 1800 PNS yang pensiun. Makanya akibat kebijakan moratorium selama lima tahun lebih ini jadi sangat kekurangan (pegawai), sesuai kebutuhan masing-masing OPD ini,” katanya.

Untuk itu, setiap lima tahun sekali kebutuhan akan pegawai terus disusun dan evaluasi. Seperti kemarin, ada kebijakan supaya setiap OPD memiliki sarjana akutansi.

“Dalam rangka mempersiapkan laporan keuangan. Ini sebagian sudah bisa kita akomodir. Kemudian kita butuh sarjana teknik, ini juga masih banyak kekurangan. Belum yang jurusan-jurusan lainnya. Makanya 2000 PNS yang ada itu kita harapkan dapat mengakomodir maisng-masing analisa beban kerja di masing-masing perangkat daerah,” ujarnya.

Dikatakanya, dari 2000 PNS itu, rencananya guru dan tenaga medis menjadi prioritas, Guru sekitar 50 persen, tenaga medis 30 persen. Sisanya terbagi-bagi, sesuai dengan formasi-formasi beban kerja di perangkat daerah masing-masing.

“Karena jujur saja, sekarang ini banyak formasi yang mau kita isi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja di masing-masing OPD, banyak kita menerima pegawai yang dulu tidak khusus. Misalnya Kominfo, kita kan butuh yang IT, sarjana komunikasi. Kalau yang teknis seperti di Bina Marga, itu kan kita perlu seperti sarjana lingkungan,” tegasnya.

Sekda menambahkan rencana pengajuan kuota penerimaan PNS yang mencapai 2000 orang itu bukan tanpa alasan. Hingga 2018, untuk guru, sekitar 900 orang yang pensiun. Belum lagi tenaga medis dan yang lain.

“Maka kebijakan daerah untuk mengisi kekosongan dan kebutuhan yang ada untuk meningkatkan kinerja, maka diambil lah kebijakan melalui perekrutan tenaga honorer, dengan seleksi ketat,” jelasnya.

Dikatakanya, penyusunan formasi ini diberi waktu sekitar sebulan, harus sudah masuk ke Kemenpan RB. “Agar menjadi grand design Kemenpan sana. Kemungkinan pertengahan 2018 akan dibuka perekrutan CPNS,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *